Home » Review » Industri Penyewaan Mobil

Industri Penyewaan Mobil

Industri penyewaan mobil adalah sektor multi-miliar dolar dari ekonomi AS. Segmen industri AS rata-rata sekitar $ 18,5 miliar dalam pendapatan setahun. Saat ini, ada sekitar 1,9 juta kendaraan sewaan yang melayani segmen pasar AS. Selain itu, ada banyak agen penyewaan selain para pemimpin industri yang membagi total pendapatan, yaitu Dollar Thrifty, Budget dan Vanguard. Tidak seperti industri layanan dewasa lainnya, industri mobil sewaan sangat terkonsolidasi yang secara alami menempatkan calon pendatang baru pada kerugian biaya karena mereka menghadapi biaya input yang tinggi dengan kemungkinan berkurangnya skala ekonomi. Selain itu, sebagian besar laba dihasilkan oleh beberapa perusahaan termasuk Enterprise, Hertz dan Avis. Untuk tahun fiskal 2004, Enterprise menghasilkan $ 7,4 miliar total pendapatan. Hertz berada di posisi kedua dengan sekitar $ 5,2 miliar dan Avis dengan $ 2,97 dalam pendapatan.

Tingkat Integrasi

Industri mobil sewaan menghadapi lingkungan yang sangat berbeda dari lima tahun yang lalu. Menurut Business Travel News, kendaraan disewa sampai mereka terakumulasi 20.000 hingga 30.000 mil hingga terdegradasi ke industri mobil bekas sedangkan jarak tempuh turn-around adalah 12.000 hingga 15.000 mil lima tahun lalu. Karena pertumbuhan industri yang lambat dan margin laba yang sempit, tidak ada ancaman segera untuk integrasi ke belakang dalam industri. Bahkan, di antara para pemain industri hanya Hertz yang terintegrasi secara vertikal melalui Ford.

Lingkup Persaingan

Ada banyak faktor yang membentuk lanskap kompetitif industri penyewaan mobil. Persaingan berasal dari dua sumber utama di seluruh rantai. Pada akhir spektrum liburan konsumen, persaingan sangat ketat tidak hanya karena pasar jenuh dan dijaga dengan baik oleh pemimpin industri Enterprise, tetapi pesaing beroperasi dengan kerugian biaya bersama dengan pangsa pasar yang lebih kecil karena Enterprise telah membentuk jaringan dealer lebih dari 90 persen segmen rekreasi. Di segmen korporat, di sisi lain, persaingan di bandara sangat kuat karena segmen itu di bawah pengawasan ketat oleh Hertz. Karena industri ini mengalami kejatuhan ekonomi besar-besaran dalam beberapa tahun terakhir, industri ini telah meningkatkan skala persaingan di sebagian besar perusahaan yang bertahan. Secara kompetitif, industri mobil sewaan adalah zona perang karena sebagian besar agen penyewaan termasuk Enterprise, Hertz dan Avis di antara pemain utama terlibat dalam pertempuran yang paling cocok.

Pertumbuhan

Selama lima tahun terakhir, sebagian besar perusahaan telah berupaya meningkatkan ukuran armada mereka dan meningkatkan tingkat profitabilitas. Enterprise saat ini perusahaan dengan armada terbesar di AS telah menambahkan 75.000 kendaraan ke armadanya sejak tahun 2002 yang membantu meningkatkan jumlah fasilitasnya menjadi 170 di bandara. Hertz, di sisi lain, telah menambah 25.000 kendaraan dan memperluas kehadiran internasionalnya di 150 negara dibandingkan dengan 140 di tahun 2002. Selain itu, Avis telah menambah armadanya dari 210.000 di tahun 2002 menjadi 220.000 di tengah kesulitan ekonomi baru-baru ini. Selama bertahun-tahun setelah krisis ekonomi, meskipun sebagian besar perusahaan di seluruh industri berjuang, Perusahaan di antara para pemimpin industri telah tumbuh dengan mantap. Sebagai contoh, penjualan tahunan mencapai $ 6,3 pada tahun 2001, $ 6,5 pada tahun 2002, $ 6,9 pada tahun 2003 dan $ 7,4 miliar pada tahun 2004 yang menghasilkan tingkat pertumbuhan 7,2 persen per tahun selama empat tahun terakhir. Sejak 2002, industri ini telah mulai mendapatkan kembali pijakannya di sektor ini karena penjualan keseluruhan tumbuh dari $ 17,9 miliar menjadi $ 18,2 miliar pada tahun 2003. Menurut analis industri, hari-hari yang lebih baik dari industri mobil sewaan belum datang. Selama beberapa tahun ke depan, industri ini diperkirakan akan mengalami percepatan pertumbuhan senilai $ 20,89 miliar setiap tahun setelah 2008 “yang setara dengan CAGR 2,7% [kenaikan] pada periode 2003-2008.”

Distribusi

Selama beberapa tahun terakhir, industri mobil sewaan telah membuat banyak kemajuan untuk memfasilitasi proses distribusi. Saat ini, ada sekitar 19.000 lokasi sewa yang menghasilkan sekitar 1,9 juta mobil sewaan di AS. Karena semakin banyaknya jumlah lokasi penyewaan mobil di AS, pendekatan strategis dan taktis diperhitungkan untuk memastikan distribusi yang tepat di seluruh industri. Distribusi terjadi dalam dua segmen yang saling terkait. Di pasar perusahaan, mobil-mobil didistribusikan ke bandara dan lingkungan hotel. Di segmen rekreasi, di sisi lain, mobil didistribusikan ke fasilitas milik agensi yang berlokasi di sebagian besar jalan utama dan wilayah metropolitan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*